6 Jenis Perangkat Output pada Komputer Secara Umum

Pada perangkat PC, baik itu komputer atau laptop pasti terdapat perangkat output. Meskipun saat ini mayoritas sudah bisa menggunakan komputer, tapi nyatanya masih sedikit yang paham akan jenis-jenis perangkat komputer, terutama perangkat output.

Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, Output berarti keluaran. Jadi secara sederhana, perangkat output adalah perangkat keluaran pada komputer.

Namun agar lebih jelas lagi, berikut TheLastSurvivors telah menyiapkan pembahasan tentang definisi dan jenis-jenis perangkat output secara lengkap sekaligus fungsi masing-masing perangkat.

Definisi Perangkat Output Secara Umum

Perangkat Output adalah jenis perangkat pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran dari data yang sudah diolah pada komputer.

Hasil output tersebut sangat bermacam-macam, mulai dari suara, tampilan gambar, hingga video. Selain itu, hasil output juga dibagi menjadi 2 jenis, yaitu soft copy dan hard copy.

Contoh keluaran soft copy adalah suara yang dihasilkan dari speaker atau headset. Sedangkan contoh keluaran hard copy adalah cetakan tulisan atau gambar dari printer.

Contoh Perangkat Output beserta Fungsinya

Setelah kamu mengetahui tentang definisi sesungguhnya dari perangkat output komputer, Berikut ini adalah contoh perangkat output komputer beserta fungsinya:

1. Pengeras Suara

Contoh perangkat output pada komputer yang pertama adalah pengeras suara. Pengeras suara disini memiliki berbagai macam bentuk dan jenis.

Mulai dari speaker kecil, speaker berukuran besar yang dilengkapi dengan subwoofer, hingga audio monitor yang biasa digunakan oleh para musisi.

Perangkat output jenis ini tentu saja berfungsi untuk mengeluarkan suara yang berasal dari komputer agar bisa didengar oleh pengguna. Seperti suara notifikasi, musik, dan beragam suara lainnya.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Error 5B00 Di Canon IP2770 dengan Mudah

2. Monitor

Monitor Komputer

Perangkat output komputer berikutnya adalah monitor. Monitor memiliki fungsi untuk menampilkan gambar visual pada komputer tersebut.

Gambar visual yang ditayangkan oleh monitor, bisa kamu dapatkan dengan menyambungkan kabel berjenis VGA, HDMI, atau DVI ke komputer.

Bayangkan saja jika komputer tidak memiliki monitor, maka kamu tidak akan bisa melihat gambar visual apapun yang berarti kamu juga tidak bisa menggunakan komputer tersebut.

Awalnya komputer dikenal dengan monitor desktop atau tabung yang memiliki bentuk kotak besar, menghabiskan sumber daya listrik yang tinggi, memakan tempat, dan menghasilkan panas yang cukup tinggi.

Namun seiring berkembangnya teknologi, jenis dan model monitor juga turut berkembang. Saat ini, sudah banyak sekali jenis monitor yang beredar di pasaran.

Mulai dari monitor dengan layar yang tipis menggunakan panel LCD dan LED, monitor dengan bentuk sedikit melengkung, hingga monitor khusus gaming yang menawarkan refresh rate dan resolusi yang tinggi.

3. Printer

Printer Komputer

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa perangkat output komputer juga bisa menghasilkan output berupa hard copy, salah satu contohnya adalah printer.

Meskipun perangkat printer tidak terlalu dibutuhkan dan bukan menjadi perangkat yang wajib ada agar komputer bisa berjalan, namun printer kerap diperlukan bagi sebagian orang.

Dengan menggunakan printer, kamu bisa mencetak tulisan atau gambar dalam bentuk fisik (kertas).

Printer sendiri juga memiliki jenis yang bermacam-macam, mulai dari Dot Matrix, Ink Jet, Laser, dan beberapa jenis lainnya.

Tidak cukup sampai disitu, saat ini bahkan sudah tersedia Printer 3D yang dapat digunakan untuk mencetak bentuk model 3D.

Selain printer, ada juga beberapa jenis perangkat yang cara kerjanya mirip dengan printer, salah satunya adalah Plotter.

Baca Juga :  3 Cara Mengatasi This PC Can't Run Windows 11 (Secure Boot)

4. Proyektor

Proyektor

Dari segi fungsi, proyektor memiliki fungsi yang sama dengan monitor, yaitu untuk menghasilkan gambar visual dari komputer.

Namun bedanya, proyektor memiliki cara kerja dengan memancarkan sinar dari lensa yang dimiliki kemudian akan menghasilkan gambar ditempat sinar tersebut terjatuh, biasanya menggunakan layar putih.

Secara penggunaan, proyektor lebih sering digunakan untuk menghasilkan gambar yang besar, seperti di ruang kerja atau sekolah untuk melakukan presentasi.

Untuk bisa menghasilkan gambar melalui proyektor, kamu harus menghubungkan kabel VGA atau HDMI dari komputer ke proyektor tersebut.

Baca Juga: Jenis-Jenis Perangkat Input pada Komputer

5. Headset

Headset

Jika di poin pertama kita sudah membahas tentang pengeras suara (speaker), disini kami akan memberikan contoh perangkat output yang serupa, yaitu headset.

Headset dan speaker memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menghasilkan suara dari komputer. Akan tetapi ada perbedaan dari kedua perangkat tersebut.

Bedanya, jika speaker bisa menghasilkan suara yang memenuhi satu ruangan, headset hanya akan menghasilkan suara yang bisa didengar oleh penggunanya saja.

Headset sendiri juga memiliki berbagai macam jenis atau tipe yang berbeda, seperti earphone, handsfree, in-ear monitor, dan masih banyak lagi.

Penggunaan Headset sebagai pengganti speaker biasanya dipilih saat pengguna ingin mendapatkan hasil suara yang lebih detail, contohnya adalah saat sedang memproduksi musik atau bermain game.

6. VGA

Vga Card

VGA merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghasilkan gambar dari komputer ke monitor.

Jadi dengan kata lain, monitor tidak akan bisa menampilkan gambar jika komputer tidak dilengkapi dengan perangkat VGA ini.

VGA atau kartu grafis memiliki 2 jenis utama, yaitu VGA on-board yang sudah tertanam di motherboard komputer, dan VGA tambahan berupa kartu grafis.

Note: Sebelum berakhir, apakah kamu sudah mengenal motherboard? Jika belum, kami rekomendasikan untukmu pembahasan apa itu moterboard?

Demikian pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis perangkat komputer, semoga setelah membaca tulisan ini kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih luas mengenai dunia komputer.

Baca Juga :  2 Cara Menghilangkan Recent File di Windows 10, 8 & 7