12 Jenis Perangkat Input pada Komputer beserta Fungsinya

Komputer akan berjalan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh penggunanya. Untuk memerintahkan komputer, pengguna memerlukan alat khusus yang biasa disebut sebagai perangkat input (perangkat masukkan).

Jadi, dengan menggunakan perangkat input seperti mouse dan keyboard, kamu bisa mengoperasikan komputer sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Tapi, perangkat input bukan hanya mouse dan keyboard saja, itu hanya sebagian kecil dan masih banyak lagi perangkat masukkan yang bisa digunakan. Oleh karena itu, disini TheLastSurvivors akan membagikan jenis-jenis perangkat input komputer beserta fungsinya.

Namun sebelum itu, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa pengertian dari perangkat input komputer.

Definisi dari Perangkat Input

Input berarti “masukkan”, jadi perangkat input adalah perangkat komputer yang memiliki fungsi untuk memasukkan berbagai macam perintah pengguna pada komputer tersebut.

Perintah yang dilakukan oleh pengguna komputer, selanjutnya akan diterjemahkan menjadi bahasa komputer melalui perangkat input tersebut, kemudian komputer akan memproses perintah tersebut.

Setelah komputer memproses perintah dari pengguna, selanjutnya komputer akan menampilkan atau mengeluarkan hasil proses tersebut ke perangkat output komputer.

Oleh karena itu, perangkat input biasanya disandingkan dengan perangkat output, atau yang sering dikenal dengan istilah perangkat I/O (input/output).

Contoh Perangkat Input beserta Fungsinya

1. Mouse

Satu Pertanyaan: Perangkat input yang digunakan untuk memilih atau klik adalah Mouse.

Mouse (Tetikus) merupakan sebuah perangkat komputer yang berbentuk kecil (seperti tikus) dan pas untuk digenggam tangan.

Sementara itu fungsi perangkat input Mouse digunakan untuk menunjukkan posisi kursor pada layar.

Dengan kursor yang muncul di layar tersebut, kamu bisa dengan mudah mengarahkan kursor menggunakan mouse untuk memilih opsi-opsi yang ada pada tampilan monitor.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Error 5B00 Di Canon IP2770 dengan Mudah

Selain itu, mouse juga dilengkapi dengan beberapa tombol yang sering disebut sebagai tombol (klik), yaitu klik kanan dan klik kiri.

Kedua tombol klik pada mouse tersebut tentu memiliki fungsi yang berbeda, dimana klik kiri memiliki fungsi seperti tombol Enter, sedangkan klik kanan biasa digunakan untuk memunculkan menu.

Tidak hanya tombol klik kanan dan klik kiri saja, namun beberapa mouse juga dilengkapi dengan scroll, dan beberapa klik tambahan pada mouse gaming macro.

2. Keyboard

Perangkat Input Keyboard

Keyboard atau papan ketik merupakan perangkat input komputer untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, dan lain sebagainya.

Selain itu, keyboard juga dilengkapi dengan beberapa tombol lain yang memiliki beragam fungsi berbeda untuk memasukkan perintah pada komputer.

Saat ini terdapat berbagai macam jenis keyboard yang sering digunakan pada komputer, beberapa diantaranya adalah:

  • Keyboard QWERTY
  • Keyboard DVORAK
  • Keyboard Klockenberg
  • Keyboard Alphabetic
  • Keyboard Numeric

Berbagai macam jenis keyboard tersebut juga terus mengalami beberapa kali perubahan port, mulai dari port serial, PS/2, USB, hingga wireless (tanpa kabel).

3. Scanner

Perangkat Input Scanner

Pertanyaan: Perangkat input yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi adalah Scanner.

Scanner merupakan sebuah perangkat input yang berfungsi untuk menampilkan atau menyalin teks atau gambar dari kertas (bentuk fisik) menjadi file komputer.

Dari fungsinya tersebut, scanner sering digunakan untuk scan dokumen dalam bentuk kertas (hard copy) menjadi dokumen komputer dalam bentuk file (soft copy).

Saat ini, alat scanner juga biasa digabungkan dengan beberapa jenis printer atau mesin fotokopi.

4. Mikrofon

Perangkat Input Mikrofon

Mikrofon adalah perangkat input komputer yang berfungsi untuk memasukkan suara kedalam komputer tersebut.

Dengan adanya mikrofon pada komputer, kamu bisa melakukan komunikasi dua arah seperti melakukan panggilan suara atau panggilan video.

Baca Juga :  2 Cara Membuka File BIN di Komputer/Laptop dan HP

Selain itu, mikrofon juga sering digunakan untuk merekam suara di komputer untuk berbagai keperluan. Misalnya saja saat hendak melakukan live streaming atau mengobrol melalui Dicord dan sebagainya.

5. Webcam

Perangkat Input Webcam

Webcam merupakan sebuah kamera kecil yang sering digunakan pada perangkat komputer maupun laptop.

Dengan adanya webcam, komputer/laptop bisa menampilkan atau merekam gambar (video) melalui kamera webcam tersebut.

Saat ini webcam sering diperlukan untuk keperluan video call atau meeting secara online menggunakan perangkat komputer.

Bahkan tak jarang bagi yang melakukan siaran langsung telah menggunakan webcam sebagai alat untuk merekam wajah atau ruangan live agar penonton tahu siapa dibalik streamer yang sering ditontonnya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

6. Joystick

Perangkat Input Joystick

Joystick merupakan perangkat masukkan komputer yang sering digunakan untuk bermain game.

Perangkat Joystick pada komputer ini juga memiliki bentuk dan fungsi yang hampir sama dengan joystick pada console game seperti Playstation atau Xbox.

Dengan adanya joystick ini, pengguna bisa dengan lebih mudah dan nyaman saat bermain game di komputer.

7. Touchpad

Perangkat Masukkan Touchpad

Touchpad adalah perangkat masukkan yang memiliki fungsi layaknya mouse, yaitu untuk menunjukkan dan mengarahkan kursor pada layar monitor.

Hanya saja, touchpad memiliki bentuk yang berbeda dengan mouse. Dimana touchpad berbentuk sebuah papan permukaan biasa yang cara penggunaannya yaitu dengan menggerakkan jari di papan tersebut.

Touchpad sendiri biasa digunakan pada laptop atau notebook dan sudah terpasang secara permanen.

8. Modem

Perangkat Masukkan Modem

Modem merupakan perangkat input yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

Modem sendiri memiliki berbagai macam jenis dan bentuk, mulai dari modem USB stick dengan bentuk yang kecil, hingga modem dengan bentuk yang cukup besar.

9. CD/DVD ROM

Perangkat Masukkan CD/DVD ROM

Perangkat input berikutnya dari daftar kami yaitu CD/DVD ROM. Perangkat ini berfungsi sebagai tempat untuk membaca piringan CD, VCD, atau DVD agar bisa terbaca di komputer.

Baca Juga :  Cara Atasi Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

Dengan adanya CD/DVD ROM tersebut, kamu bisa membuka file yang ada pada sebuah CD dan mengaksesnya melalui komputer.

10. Barcode Scanner

Perangkat Masukkan Barcode Scanner

Barcode Scanner atau Barcode Reader biasanya bisa dengan mudah kamu jumpai di kasir pembayaran toko modern, seperti di mall, supermarket, atau minimarket.

Alat tersebut memiliki fungsi untuk membaca data yang ada pada barcode kemasan sebuah produk tertentu.

Untuk penggunaannya, Barcode Scanner biasanya dilengkapi dengan software tertentu seperti aplikasi untuk kasir.

Dengan begitu, setelah petugas kasir memindai barcode menggunakan Barcode Scanner, maka akan secara otomatis muncul kode produk beserta nama dan harganya pada aplikasi yang ada di komputer.

11. Digitizer

Perangkat Masukkan Digitizer

Digitizer merupakan perangkat masukkan yang berbentuk seperti papan dengan beberapa tombol tambahan dan sebuah space yang digunakan untuk menggambar.

Digitizer juga dilengkapi dengan sebuah pena khusus yang berfungsi untuk menulis atau menggambar pada alat tersebut dan kemudian akan muncul di komputer.

Alat ini sering digunakan oleh para desainer grafis untuk memudahkannya dalam menggambar sebuah objek vektor menggunakan alat yang bentuknya mirip papan begitu.

12. Light Pen

Perangkat Masukkan Light Pen

Light Pen (pena cahaya) merupakan perangkat masukkan komputer yang digunakan untuk keperluan grafis seperti menggambar atau menulis. Alat ini biasanya dipadukan dengan Digitizer agar bisa bekerja optimal.

Bentuk dari Light Pen sangat mirip dengan pulpen biasa, namun Light Pen akan mengeluarkan sensor cahaya saat ujungnya digoreskan pada layar monitor atau digitizer.


Setelah kamu membaca semua tulisan di atas, saat ini tentu kamu sudah paham mengenai definisi perangkat input komputer serta jenis-jenis input device yang ada beserta fungsinya.