6 Cara Mudah Mengatasi LinkAja Tidak Bisa Transfer ke Bank

LinkAja merupakan salah satu dompet virtual yang mempunyai banyak fitur. Salah satu fitur utamanya, ialah bisa memungkinkan kamu transfer saldo LinkAja ke bank apapun.

Namun, beberapa pengguna aplikasi LinkAja suka mengeluhkan kalau fitur transfer ini kerap kali mengalami masalah. Sehingga mereka tidak bisa melakukan transfer ke bank lewat LinkAja.

Kamu sedang mengalami masalah ini? Kalau iya, tidak usah khawatir. Berikut kami akan menjelaskan cara mengatasi LinkAja tidak bisa transfer secara lengkap.

Sebelum itu, kamu harus tau penyebabnya dulu ya.

Ketahui Dulu Penyebabnya Apa?

Muncul pesan transfer gagal saat ingin mengirim saldo LinkAja ke bank lain sebenarnya merupakan hal yang umum terjadi. Bahkan masalah ini bisa muncul di semua dompet virtual selain LinkAja.

Khusus di aplikasi LinkAja, biasanya ada beberapa penyebab kenapa masalah gagal transfer ini bisa terjadi, diantaranya:

  • Akun LinkAja kamu tidak sesuai syarat dan ketentuan (belum di upgrade)
  • Koneksi internet yang kamu pakai sedang tidak stabil
  • Mungkin salah memasukkan nomor rekening tujuan
  • Saldo LinkAja tidak mencukupi
  • Sudah mencapai limit transaksi
  • Server LinkAja sedang mengalami down

Kebetulan kami memakai LinkAja sudah cukup lama. Masalah tidak bisa transfer ini pernah kami alami beberapa kali. Namun yang paling umum terjadi itu disebabkan karena salah memasukkan nomor rekening tujuan saja.

Baca Juga :  Cara Nembak Cewek Agar Tidak Grogi Secara Langsung dan Lewat WA

Berikut Cara Mengatasi Tidak Bisa Transfer ke Bank di LinkAja

  1. Akun Sudah Diupgrade
  2. Periksa Downtime LinkAja
  3. Pakai Koneksi Stabil
  4. Periksa Nomor Rekening Tujuan
  5. Pastikan Saldo Cukup
  6. Periksa Limit Transaksi

Metode 1: Pastikan Akun Telah Diupgrade

Berdasarkan syarat dan ketentuan dari LinkAja, kamu harus mempunyai akun yang sudah di upgrade supaya bisa transfer saldo ke bank (Semua bank yang ada di Indonesia).

Kalau kamu lupa apakah sudah upgrade atau belum, bisa langsung mengeceknya melalui menu Akun di aplikasi LinkAja.

Cara lengkapnya seperti berikut:

Langkah 1: Silahkan buka aplikasi LinkAja.

Langkah 2: Kemudian tekan menu Akun.

Langkah 3: Lalu lihat Tipe Akun, pastikan sudah Full Service.

Pastikan Sudah Full Service Akun Linkaja

Misalnya belum bertuliskan Full Service, kamu bisa segera upgrade akun LinkAja. Persyaratannya sangat mudah kok, cuma harus mengunggah foto KTP asli dan data diri saja.

Setelah itu, tunggu sampai data yang kamu masukkan di verifikasi oleh pihak LinkAja. Proses ini, biasanya memakan waktu 1×24 jam.

Metode 2: Perhatikan Downtime Server LinkAja

Periksa Downtime Server LinkAja

Setiap aplikasi biasanya mempunyai downtime sendiri. Biasanya waktu downtime ini bisa terjadi karena ada masalah pada aplikasi atau LinkAja akan melakukan maintenance.

Supaya bisa tahu masalahnya karena downtime atau tidak, kamu bisa memantau sosial media resmi LinkAja. Karena informasi pemberitahuan downtime aplikasi, biasanya akan di share ke sosial media mereka.

Sedangkan untuk solusinya, kamu hanya harus menunggu sampai waktu downtime selesai. Biasanya hanya beberapa jam saja kok.

Baca Juga: Cara Mengatasi LinkAja Tidak Bisa Dibuka

Metode 3: Selalu Pakai Koneksi yang Stabil

Ganti Kartu SIM

Namun misalkan bukan masalah downtime, mungkin saja masalahnya muncul karena koneksi yang kamu pakai sedang tidak stabil.

Baca Juga :  √ 2 Cara Menghapus Password BIOS Laptop/PC Permanen

Supaya bisa mengatasinya, kamu bisa ganti ke provider lain apabila memakai Dual SIM. Tapi kalau tidak memakai Dual SIM, silahkan pindah ke koneksi WiFi.

Setelah pindah jaringan ke yang lebih stabil, silahkan coba transfer ulang saja. Kalau benar dari masalah koneksi, seharusnya proses transfer bisa langsung berhasil.

Metode 4: Periksa Lagi Nomor Rekening Tujuan

Pastikan Nomor Rekening Benar

Salah memasukkan nomor rekening tujuan merupakan hal yang umum terjadi saat ingin mengirim saldo LinkAja. Biasanya pengguna LinkAja sering typo saat memasukkan nomor rekening tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan nomor rekening yang ingin kamu transfer sudah benar dengan mengeceknya kembali sebelum mengirim saldo. Atau bisa juga dengan menyalin nomor rekening dan paste di aplikasi LinkAja.

Metode 5: Teliti Soal Saldo, Cukup?

Pastikan Saldo LinkAja Mencukupi

Selain kesalahan dalam mengetik nomor rekening, terkadang kamu juga bisa salah saat ingin memasukkan jumlah saldo yang ingin dikirim.

Dimana saldo yang ingin dikirim lebih besar dari saldo yang kamu punya di LinkAja. Tapi kalau masalahnya karena saldo tidak cukup, biasanya akan muncul notifikasi sih.

Contoh notifikasinya seperti gambar di atas.

Maaf, transaksi tidak dapat diproses karena melebihi limit nominal transaksi atau saldo kamu tidak cukup. Cek kembali, ya!

Metode 6: Periksa juga Limit Transaksi

Pastikan Limit LinkAja Masih Ada

LinkAja memberikan penggunanya untuk bisa transaksi sebanyak Rp. 2.000.000 per hari. Kalau sudah mencapai Rp. 2.000.000 per hari, kamu tidak bisa transfer saldo lagi ke bank manapun.

Solusinya untuk masalah ini, kamu harus menunggu esok hari sampai limit transaksi LinkAja di reset kembali. Setelah itu, kamu baru bisa mengirim saldo lagi ke bank lain.

Catatan: Reset server LinkAja biasanya pada pukul 00.01.

Jadi itulah cara mudah untuk mengatasi LinkAja tidak bisa transfer saldo ke bank lain. Karena penyebabnya cukup beragam, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang sesuai.

Baca Juga :  √ 5 Cara Logout Wifi ID yang Gagal & untuk Ganti Akun

Misalnya punya pertanyaan, kamu bisa kirimkan lewat kolom komentar yang ada di bawah. Selamat mencoba!