6 Cara Mudah Mengaktifkan Ultimate Performance Windows 10

Windows 10 memiliki fitur Power Plan yang berfungsi untuk mengkonfigurasi kinerja hardware pada PC atau laptop kamu. Fitur Power Plan di Windows 10, umumnya terdiri dari beberapa opsi.

Mulai dari Balanced untuk yang ingin mengoptimalkan pemakaian hardware. Ada juga High Performance yang biasanya dipakai untuk kebutuhan tertentu, seperti gaming, rendering dan lainnya.

Selain kedua opsi di atas, ternyata ada juga opsi Ultimate Performance yang bisa memaksimalkan kinerja hardware untuk bekerja lebih keras.

Mau tahu apa itu Ultimate Performance di Power Plan? Lalu kenapa opsinya tidak muncul? Semuanya akan kami ulas dengan lengkap di sini.

Apa itu Ultimate Performance?

Ultimate Performance adalah salah satu opsi yang ada pada fitur Power Plan. Opsi ini merupakan pilihan yang terbaik kalau kamu ingin memaksimalkan kinerja hardware pada PC atau laptop.

Karena kalau kamu memakai opsi Ultimate Performance, maka kinerjanya akan ditingkatkan lebih tinggi. Sehingga menghasilkan kecepatan yang lebih baik karena mematikan mode idle di hardware.

Tapi saran dari kami, sebaiknya pakai opsi Ultimate Performance saat dibutuhkan saja. Misalnya saat ingin main game spesifikasi tinggi, rendering, editing dan aktivitas berat lainnya.

Fungsi Ultimate Performance Power Plan

Adapun beberapa fungsi dari Ultimate Performance di Power Plan sebagai berikut:

  1. Bisa memaksimalkan kemampuan hardware PC atau laptop secara total
  2. Cocok digunakan untuk aktivitas berat yang membutuhkan performa tinggi
  3. Dapat membantu overclocker untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik

Cara Mengaktifkan Mode Ultimate Performance Power Plan

Mungkin kamu langsung membuka Power Plan dan ingin mencoba mencari opsi Ultimate Performance ini.

Baca Juga :  Asus ROG Flow X13 GV301QH, Simak Desain dan Spesifikasinya!

Tapi sayangnya, opsi ini masih tersembunyi. Jadi kalau kamu ingin menggunakannya, harus ditampilkan terlebih dulu baru bisa diaktifkan.

Nah cara untuk mengaktifkan Ultimate Performance bisa lihat di bawah ini:

Step 1: Silahkan buka Command Prompt dengan memilih opsi Run as Administrator.

Step 2: Lalu masukkan command “powercfg -duplicatescheme e9a42b02-d5df-448d-aa00-03f14749eb61” untuk memunculkan mode Ultimate Performance (Tanpa tanda petik).

Masukkan Command Ultimate Performance

Step 3: Kalau sudah, kamu bisa close Command Prompt tersebut.

Step 4: Selanjutnya buka Control Panel.

Buka Control Panel

Step 5: Kemudian pilih menu Power Options.

Pilih Power Options

Step 6: Centang opsi Ultimate Performance untuk mengaktifkannya.

Gunakan Ultimate Performance Power Plan

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Hyper-V Windows 10

Saat Kapan Ultimate Performance Diaktifkan?

Sebaiknya, gunakan mode Ultimate Performance saat kamu ingin beraktivitas berat menggunakan PC atau laptop saja. Misalnya seperti bermain game PUBG, Apex Legends, COD Warzon dan sebagainya.

Dimana game-game tersebut memerlukan kinerja hardware yang lebih tinggi dibandingkan game biasa.

Lalu setelah game berat sudah selesai dimainkan, saran dari kami sebaiknya mode Ultimate Performance ini dimatikan saja.

Kamu bisa ganti opsinya kembali ke mode Balanced supaya tidak cepat merusak hardware di PC atau laptop tersebut. Atau aktikan mode Power Save biar hemat daya.

Sekian cara untuk mengaktifkan mode Ultimate Performance di Windows 10. Kalau kamu mengalami kendala atau ingin bertanya lebih detail tentang mode tersebut, boleh kirim ke kolom komentar.

Selamat mencoba!