Cara Buat Nada Dering WA Ada Namanya Pakai Suara Google

WhatsApp sering kali melakukan pembaruan yang mengedepankan inovasi terbaru terhadap fasilitasnya. Meskipun WhatsApp (WA) rutin menambah fasilitas, ada saja fasilitas yang kurang lengkap.

Salah satu kekurangan fasilitas yang diberikan WA adalah kustomisasi nada dering. Umumnya nada dering WA hanya sebatas default hp atau nada built-in WA itu sendiri.

Mengingat keterbatasan fitur tersebut, kalian dapat memodifikasi atau kustomisasi nada dering buat notifikasi WA. Perubahan ini dilakukan agar saat ada pesan WA masuk dapat terdengar jelas.

Alasannya karena perubahan nada deringnya dibuat menjadi suara Google. Nah suara Google itu menyebutkan nama pengirim yang mengirim pesan kepada kalian.

Dengan begitu kalian yang notabennya sibuk jarang membuka pesan WA dapat mendengar bahwa pesan yang masuk itu dari salah satu kontak WA kalian. Selain itu penyebutan nama kontak WA juga dapat dilakukan saat hp dalam kondisi Sleep lho.

Menariknya lagi kalian tidak perlu repot pasalnya sudah dibantu oleh aplikasi besutan pihak ketiga. Aplikasi tersebut tentunya menyediakan fasilitas untuk membuat nada dering menyebut nama pengirim di WA. Mengenai langkah-langkahnya, berikut kami sampaikan cara membuat notifikasi WA ada namanya:

Cara Bikin Notifikasi WA Ada Namanya

  1. Download Aplikasi Tambahan
  2. Jalankan Aplikasinya
  3. Lakukan Manage Shouts
  4. Mencoba Nada Dering

Langkah 1: Download Aplikasi Tambahan

Pertama-tama kalian perlu menyiapkan aplikasi rancangan pihak ketiga. Tenang saja aplikasi ini aman dan tidak berbahaya kok. Soalnya aplikasi ini tersedia di Google Playstore, sehingga saat mendownload tak perlu khawatir.

Baca Juga :  √ Cara Mengatasi GTA SA Extreme PC DirectX Version 9.0

Aplikasi yang kami maksud dari tadi itu bernama Shouter. Aplikasi Shouter mempunyai ukuran sangat kecil dan tidak akan memenuhi ruang penyimpanan hp kalian. Sekarang saatnya download dan install aplikasi Shouter itu pada hp ya.

Langkah 2: Jalankan Aplikasi Shouter

Selanjutnya kalian jalankan aplikasi Shouter dengan cara menekan tombol “Buka” pada saat selesai mendownloadnya. Selanjutnya ikuti instruksi berikut:

  1. Ubah bahasa menjadi “Indonesia – System Default” lalu klik OK
  2. Izinkan Shouter mengakses Kontak dan Telepon
  3. Saat muncul jendela “Notification Access (Importan) Needed” pilih YesNotification Access Needed
  4. Kemudian pilih aplikasi “Shouter”Pilih Aplikasi Shouter
  5. Lanjut dengan memilih opsi “Izinkan” lalu kembali pada aplikasi Shouternya tadiIzinkan Aplikasi Shouter

Langkah 3: Lakukan Manage Shouts

Pada aplikasi Shouter ini didalamnya terdapat banyak menu yang bisa kalian manfaatkan. Dikarenakan kalian hanya butuh fitur “Membaca” agar notifikasi WA dibacakan nama kontak kalian, jadi hanya perlu mengikuti cara-cara berikut:

  1. Usap kebawah lalu masuk ke App Notification
  2. Centang pada bagian “Enable”
  3. Kemudian ketuk pada opsi “Select Apps”
  4. Lalu temukan aplikasi WhatsApp dengan menekan tombol Pencarian lalu mengetikkan “WhatsApp”
  5. Selanjutnya kembali ke menu Select Apps tadi
  6. Selesai deh

Langkah 4: Mencoba Nada Dering

Biar kelihatan berhasil atau tidak setelah membuat notifikasi WA dengan suara Google, coba chat teman kalian. Saat teman membalasnya, seharusnya notifikasi WA kalian akan mengeluarkan nada dering yang menyebutkan nama kontak WA teman.

Jadi hanya seperti itu saja cara buat notifikasi WA ada namanya. Bilamana suara yang dikeluarkan itu berbahasa inggris, sebaiknya gunakan setelan bahasa Indonesia pada sistem hp kalian. Perubahan bahasa dapat dilakukan pada menu Settings lalu buka menu Bahasa dan Masukkan. Disana ubahlah bahasanya menjadi bahasa Indonesia deh.

Baca Juga :  7 Cara Memunculkan Kursor yang Hilang (Komputer & Laptop)