6 Cara Agar Video TikTok Tidak Bisa Di Download

Saat ini media sosial TikTok semakin populer. Bahkan banyak konten kreator hebat mulai bermunculan di media sosial tersebut.

Namun sayangnya, banyak juga lho konten kreator baru yang mengambil postingan video orang lain lalu di post ulang. Bahkan setelah di post ulang, terkadang konten curian tersebut lebih populer dibandingkan pemilik aslinya.

Tentunya hal ini cukup menyebalkan, terutama kalau kamu adalah pemilik video tersebut. Tapi untungnya, TikTok menyediakan fitur supaya video postingan kamu tidak bisa di download oleh orang lain.

Nah cara agar video TikTok tidak bisa di download orang lain, akan kami jelaskan dengan lengkap pada kesempatan kali ini.

Cara Supaya Video TikTok Tidak Bisa Didownload Orang Lain

Caranya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu mematikan fitur Pengunduhan Video pada aplikasi TikTok.

Kalau kamu belum tahu bagaimana cara mengakses fitur tersebut, berikut akan kami jelaskan panduannya dengan lengkap:

Langkah 1: Silahkan kamu buka aplikasi TikTok lebih dulu.

Langkah 2: Kemudian ketuk tab Profil dan ketuk ikon Strip Tiga yang ada di atas.

Langkah 3: Nantinya akan muncul beberapa opsi di bawah layar, kamu bisa langsung pilih Pengaturan dan Privasi.

Langkah 4: Setelah masuk ke halaman Pengaturan, pilih menu Privasi.

Buka Menu Privasi Tiktok

Langkah 5: Lalu ketuk pada menu Unduhan.

Pilih Menu Unduhan Tiktok

Langkah 6: Pada bagian Pengunduhan Video, silahkan geser ke arah kiri untuk menonaktifkan konten kamu bisa di download orang lain.

Matikan Pengunduhan Video Tiktok

Misalnya kamu ingin mengizinkan orang lain bisa download konten video yang dimiliki, silahkan ulangi cara ini. Hanya saja kamu perlu menggeser toggle ke arah kanan untuk mengaktifkan fitur Pengunduhan Video.

Baca Juga: Cara Upload Video HD ke TikTok Agar Tidak Buram

Baca Juga :  √ 2 Cara Menampilkan Subtitle di OPPO [Fitur Bawaan HP]

Kenapa Perlu Mencegah Video Agar Tidak Di Unduh?

Seperti yang sempat kami singgung tadi, dengan menonaktifkan fitur pengunduhan di TikTok tentunya bisa meminimalisir video kamu dicuri orang lain.

Karena kami sendiri cukup sering menemukan beberapa akun yang selalu memposting karya milik orang lain. Kecuali konten kamu di repost dan akun TikTok kamu di tag oleh orang tersebut.

Tapi kalau tidak, tentunya akan merugikan kamu sebagai konten kreator aslinya yang sudah membuat video sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya fitur pengunduhan video ini dinonaktifkan saja.

Oh iya, untuk meminimalisir pencurian konten juga sebaiknya sih video kamu diberikan watermark tambahan (meskipun sudah ada watermark username TikTok).

Dengan begitu, biasanya konten kreator yang hobinya mencuri video pengguna lain, enggan untuk mengunduh postingan yang punya watermark-nya.

Nah itulah penjelasan dan cara agar video TikTok di akun kamu tidak bisa di download oleh orang lain. Apabila masih ada hal yang ingin kamu tanyakan, boleh kirimkan langsung pertanyaannya ke kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba!