Arti VN, Deliv, Available, SW, P, PM, PC, PAP, VC, GC & OTW

Kamu sudah tahu belum apa itu VN? VN adalah salah satu istilah atau singkatan yang populer di kalangan pengguna WhatsApp (WA). Singkatan ini merujuk pada ajakan untuk melakukan video call melalui WhatsApp.

Tidak hanya VN, ada banyak singkatan-singkatan populer yang sering disampaikan oleh pengguna WhatsApp. Seperti Deliv, Available, SW, P, PM, PC, PAP dan lainnya.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan singkatan-singkatan ‘jaman now’ itu. Namun, sudah tahu belum apa artinya? Jangan bilang kamu hanya ikut-ikutan ‘ngomongin’ singkatan-singkatan itu tapi tidak mengetahui arti sebenarnya!

Nah, melalui artikel ini, kami akan membagikan wawasan terkait singkatan-singkatan populer di WhatsApp. Simak dengan saksama ya! Mari dimulai.

  1. VN
  2. Deliv
  3. Available
  4. SW
  5. P
  6. PM
  7. PC
  8. PAP
  9. VC
  10. GC
  11. OTW

Arti VN

VN adalah kependekan dari Voice Note, atau dalam bahasa Indonesia disebut pesan suara. Singkatan ini biasanya disampaikan ketika pengguna WhatsApp pengin mengirimkan pesan suara kepada pengguna lain.

Nah, untuk menggunakan fitur VN, kamu bisa menekan dan menahan ikon mikrofon yang terletak di pojok bawah sebelah kanan. Lakukan itu hingga kamu selesai berbicara.

Arti Deliv

Arti Deliv

Deliv merupakan kependekan dari Delivered, atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti pesan terkirim. Seperti diketahui,

WhatsApp memberikan informasi status pengiriman pesan melalui tanda centang. Centang satu berarti pesan belum terkirim, centang dua (hitam) berarti pesan sudah terkirim dan centang dua (biru) berarti pesan sudah dibaca.

Nah, singkatan deliv ditujukan pada status pengiriman pesan centang dua (hitam). Berikut contoh pemakaian singkatan deliv dalam percakapan WhatsApp?

Baca Juga :  2 Cara Backup dan Restore Data (Chat & Media) WhatsApp

Budi: Mbak Siti, bagaimana kabar si Wulan?

Siti: Aku sudah chat dia Bud, tapi masih deliv.

Arti Available

Arti Available

Dalam bahasa Indonesia, available memiliki arti ada atau tersedia. Nah, di dalam WhatsApp, istilah ini biasanya tertulis pada status pengguna. Itu berarti si pengguna sedang ada.

Arti SW

SW adalah akronim dari Snap WhatsApp.

Pada aplikasi perpesanan itu, SW merujuk pada fitur Status. Kamu, tentunya sudah tahu kan fitur Status WhatsApp yang dapat digunakan untuk ‘memamerkan’ foto dan video kepada pengguna lain yang tersimpan pada kontak WhatsApp?

Arti P

Arti P

P adalah kependekan dari kata ‘Ping’. Istilah ini sangat populer sejak zaman kemunculan Blackberry Messanger (BBM).

Singkatan P biasanya disampaikan sebagai pembuka obrolan. Selain itu, P juga acap kali digunakan untuk mengecek apakah pengguna lain WhatsApp sedang online atau tidak.

Arti PM

PM adalah singkatan dari Private Message. Dalam bahasa Indonesia, istilah itu memiliki arti pesan pribadi.

Pada umumnya, singkatan PM digunakan untuk obrolan yang berkaitan dengan transaksi jual-beli. Atau, lebih jelasnya antara penjual dan calon pembeli. Misalnya:

Calon pembeli: Mas, kamu lagi jual HP ini?

Penjual: Iya mas, kalau minat PM aja.

Arti PC

PC memiliki kepanjangan Personal Chat, atau dalam bahasa Indonesia diartikan pesan pribadi. Apa bedanya PC dengan PM?

Jika dilihat dari konteks pemakaiannya, PC lebih diarahkan pada ajakan untuk mengobrol tanpa adanya transaksi jual-beli. Jadi, kalau kamu pengin ngobrol secara personal dengan teman, pakai singkatan PC ya, bukan PM!

Arti PAP

PAP memiliki kepanjangan Post a Picture atau jika di-bahasa Indonesia-kan berarti mem-posting gambar. Namun, saat ini singkatan PAP sedikit ‘bergeser’ dalam hal konteks pemakaiannya.

Baca Juga :  4 Cara Cek Baterai Health Samsung, Mudah & Praktis

PAP kini lebih diarahkan pada permintaan pengguna WhatsApp kepada pengguna lainnya untuk mengirimkan foto. Tujuannya, untuk mengetahui sedang apa dan lagi dimana dia. Berikut contoh obrolan yang memasukkan singkatan PAP:

Budi: Dim, kamu lagi di mana?

Dimas: Lagi di pasar, cari wortel.

Budi: Ah, gak percaya, coba PAP!

Dimas: Nih, kukirim PAP (foto selfie) kalau kamu gak percaya.

Arti VC

Arti VC

VC adalah kependekan dari Video Call, salah satu fitur WhatsApp yang digunakan untuk berkomunikasi dengan suara sekaligus tampilan video (telepon video). Fitur VC saat ini tidak hanya dapat digunakan untuk dua orang, melainkan bahkan hingga delapan orang.

Misalnya kamu lagi pengin bahas tugas kuliah bareng teman yang berjumlah enam orang. Kamu bisa pakai VC dengan mengatakan ‘teman-teman, yuk VC bareng bahas tugas dari pak Budi.’

Arti GC

Arti GC

GC memiliki kepanjangan Group Chat, atau dalam bahasa Indonesia berarti grup obrolan (disebut juga grup WhatsApp). Singkatan ini biasanya disampaikan untuk mengajak pengguna lain bergabung dalam sebuah grup. Misalnya: ‘yuk gabung GC kami.’

Arti OTW

Arti OTW

Kamu, tentunya, sudah tidak asing lagi dengan singkatan OTW, kan? Ya, OTW adalah kependekan dari On The Way, atau dalam bahasa Indonesia berarti sedang menuju ke sana.

Singkatan OTW biasanya disampaikan saat pengguna WhatsApp dalam perjalanan menuju ke suatu tempat. Misalnya: ‘aku lagi OTW ke rumahmu’.


Itulah pembahasan tentang apa itu VN dan singkatan-singkatan populer lainnya di kalangan pengguna WhatsApp. Sekarang kamu tahu semuanya bukan?