6 Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram

Instagram menjadi salah satu sosial media terpopuler di Indonesia. Alasan Instagram bisa populer, ialah karena memiliki banyak fitur-fitur canggih.

Tapi terkadang, ada beberapa fitur yang tidak bisa berfungsi secara normal. Misalnya seperti fitur live streaming yang ada di Instagram tidak bisa dibuka.

Namun biasanya masalah ini terjadi karena ada penyebabnya, antara lain:

  • Aplikasinya sendiri error
  • Masalah pada perangkat kamu
  • Server IG sedang down
  • Dan lain-lainnya

Andaikan kamu sedang mengalami masalah ini, langsung saja cari tahu cara mengatasinya lewat pembahasan kami di sini.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Melakukan Live Streaming

Metode 1: Kendala OS

Setiap aplikasi biasanya memiliki spesifikasinya tersendiri. Ada yang hanya bisa terpasang di spesifikasi HP cukup tinggi. Lalu ada juga yang bisa terpasang di spesifikasi HP rendah maupun tinggi.

Untuk Instagram sendiri, umumnya bisa terpasang di semua spesifikasi HP. Hanya saja di spesifikasi HP yang terbilang rendah, ada beberapa fitur Instagram yang tidak bisa dipakai. Salah satu fitur itu adalah live streaming Instagram.

Karena menurut informasi dari Instagram, fitur live streaming ini hanya tersedia di OS Android versi 5.0.2 (Lolipop) ke atas saja. Sedangkan kalau kamu pakai versi Android 5.0.2 ke bawah, tentunya tidak akan bisa memakai fitur ini.

Kemudian untuk kamu yang pakai iPhone, fitur live streaming ini hanya bisa dipakai di iPhone 4 ke atas saja. FYI, solusinya kamu bisa update OS Android/iOS atau ganti perangkat baru.

Baca Juga :  2 Cara Mudah Membuka File Format epub di HP & PC

Metode 2: Perbarui Aplikasi IG

Bug bisa terjadi di hampir semua aplikasi, termasuk Instagram. Bisa saja, live streaming yang tidak dapat diakses ini terjadi karena adanya bug di aplikasi Instagram.

Nah kalau untuk masalah ini, kamu bisa perbarui versi aplikasi Instagram. Karena dengan update versi Instagram, umumnya akan memperbaiki bug dan error di versi sebelumnya.

Metode 3: Perbaiki Jaringan Internet

Sama seperti saat kamu ingin upload foto maupun video di Instagram. Saat live streaming, kamu juga memerlukan koneksi internet yang sangat stabil supaya bisa berjalan lancar.

Andaikata koneksi internet kamu sedang kurang baik, bisa saja aktivitas live streaming terganggu. Misalnya menjadi patah-patah sampai tidak bisa dibuka sama sekali.

Oleh sebab itu, sebaiknya persiapkan koneksi cadangan. Misalnya pakai WiFi atau menggunakan Dual SIM Card, supaya kamu bisa live streaming.

Baca Juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Video 60 Detik

Metode 4: Muat Ulang Smartphone

Muat Ulang Hp Kamu

Umumnya bug tidak hanya terjadi pada aplikasi saja. Melainkan bisa juga terjadi di perangkat yang kamu pakai, sehingga membuat beberapa fitur menjadi tidak berfungsi.

Disini, kamu bisa coba restart HP yang dipakai untuk bisa memperbaiki bug tersebut secara otomatis. Kalau masalahnya hanya bug pada perangkat, harusnya fitur live streaming Instagram sudah bisa digunakan kembali.

Metode 5: Relogin Akun IG

Relogin Akun Instagram

Terkadang masalah Instagram hanya terjadi di beberapa akun saja. Sedangkan akun yang lain tidak bermasalah.

Kalau kamu punya akun lain, bisa coba melakukan live streaming di akun itu. Apabila di akun lain bisa, kamu dapat logout lebih dulu pada akun IG utama kamu.

Kemudian login kembali dan coba pakai fitur live streaming kembali. Umumnya setelah melakukan relogin, masalah ini bisa di atasi.

Baca Juga :  MacBook Pro M2 Miliki Performa Kencang, Meluncur di Indonesia!

Metode 6: Reinstall Aplikasi IG

Uninstall This App Instagram

Tidak jarang aplikasi bisa rusak dengan sendirinya apabila ada file corrupt. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi Instagram, dimana mungkin saja terdapat file sistem yang telah rusak.

Supaya bisa mengatasinya, kamu hanya harus melakukan install ulang aplikasi Instagram saja. Sehingga file sistem dari aplikasi Instagram yang sebelumnya rusak bisa didapatkan kembali.

Caranya yaitu:

  1. Buka Play Store ➞ Ketuk Pencarian ➞ Ketik Instagram
  2. Masuk dulu ke halaman Instagram di Play Store
  3. Kemudian tap tombol Uninstall ➞ Yes/OK untuk konfirmasi
  4. Lalu tekan tombol Install untuk memasang kembali

Jadi, seperti itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah tidak bisa live streaming di Instagram.

Selamat mencoba!