Xiaomi Book S 12.4 2-in-1, Tablet Sekaligus Laptop

Xiaomi Book S 12.4 menjadi perangkat 2-in-1 pertama yang rilis pada tahun ini. Perangkat terbaru Xiaomi ini bisa bertindak sebagai tablet juga laptop sekaligus.

Perangkat tersebut rilis belum lama ini, dan sudah tersedia untuk pasar Eropa seperti Spanyol, Jerman dan Belanda. Sedangkan untuk pre-order mulai pada tanggal 30 Juni 2022.

Xiaomi memang bukan pertama kali merilis tablet maupun laptop. Sebut saja tablet Xiaomi Pad 5 yang sudah hadir di Indonesia. Namun untuk 2-in-1 adalah yang pertama perusahaan asal China ini rilis.

Dukungan Spesifikasi Xiaomi Book S 12.4 2-in-1

Tablet sekaligus laptop besutan Xiaomi ini tidak hanya hadir untuk para generasi penerus atau milenial. Namun juga untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tengah mencari komputer desktop portable.

Bukan hanya itu, spesifikasi yang terpasang juga terbilang mumpuni. Hal tersebut agar pengguna nyaman saat menggunakan perangkat 2-in-1 ini.

Layar Lega dengan Keyboard Nyaman

Sesuai dengan namanya yakni Xiaomi Book S 12.4, maka perangkat ini memiliki layar berukuran 12,4 inci full-screen touch display.

Sementara resolusi layarnya mencapai 2,560 x 1,600 piksel (WQHD+) dengan aspek rasio 16:10. Kemudian, aspek ratio 16:10, selain itu juga mendukung input stylus.Layarnya tersebut sudah mendapat perlindungan dari Gorilla Glass 3.

Selanjutnya, memiliki gamut warna yang lebar mencakup 100% standar DCI-P3, sehingga memberi warna nyata.

Baca Juga : Asus ROG Flow X13 GV301QC Hadir dengan Layar WUXGA 13,4 Inch

Selain itu juga mempunyai tingkat kecerahan hingga 500 nit, yang membuat layar tetap jernih dan terlihat bahkan dengan pencahayaan yang terang sekalipun.

Sementara pada bagian bodinya, Xiaomi Book S 12.4 2-in-1 ini menggunakan bahan aluminum-magnesium. Bodi aluminium magnesium tersebut kuat dan tahan lama.

Baca Juga :  Asus Expertbook BR1100FKA, Laptop Hybrid Harga Terjangkau!

Tablet sekaligus laptop besutan Xiaomi ini memiliki berat 720 gram, dengan ketebalan 8,95 mm. Sehingga, Xiaomi mengklaim perangkat ini ringan dan portabel yang nyaman dibawa kemana saja oleh penggunanya.

Perangkat tersebut juga tersedia keyboard tambahan yang memiliki ukuran nyaman ketika Anda gunakan, dengan key travel 1,3 mm. Selain itu, Book S 12.4 2-in-1 ini terpasang touchpad yang cukup lebar.

Sedangkan untuk melakukan video conference, Anda bisa menggunakan kamera yang terpasang pada bagian atas. Kamera tersebut mampu merekam video 1080p, dengan dukungan mikrofon ganda Qualcomm Aqstic™ ECNS.

Selanjutnya, Xiaomi Book S 12.4 2-in-1 ini tersedia USB-C yang bisa terintegrasi dengan monitor 4K sekaligus. Terpasang juga jack audio 3,5mm, lalu slot kartu microSD, dan speaker stereo untuk audio-nya.

Performa

Kelebihan lainnya dari tablet laptop besutan Xiaomi ini adalah pada sektor dapur pacu. Perangkat tersebut menggunakan otak Snapdragon 8xc Gen 2 besutan Qualcomm.

Chipset dengan octa-core 7nm tersebut tergolong baru untuk industri elektronik, baik itu smartphone maupun sejenisnya.

Sebagai informasi, bahwa prosesor yang terpasang pada Xiaomi Book S 12.4 2-in-1 ini, performanya tidak berbeda jauh dengan Core i5 generasi 10 dari Intel.

Baca Juga : HP Nokia Dragon 2022 Segera Rilis, Smartphone Kelas Dewa

Sedangkan pendukung performa, terpasang RAM dengan kapasitas 8 GB tipe LPDDR4X. Mendapat dukungan juga internal memori 256 GB.  

Book S 12.4 2-in-1 tersebut sudah menggunakan sistem operasi (OS) Windows 11. Sehingga dengan begitu, Anda nantinya kemungkinan dapat mengoperasikan aplikasi desktop non-ARM via emulator X86-64.

Xiaomi mengklaim bahwa daya baterai yang terpasang bisa pengguna gunakan hingga 13,4 jam. Tidak berbeda jauh dengan smartphone, Book S 12.4 juga sudah mendukung fast charging 65W GaN.

Baca Juga :  √ 5 Cara Mengatasi Memori Kamera DSLR Tidak Terbaca

Sementara urusan kamera, bagian depan terpasang lensa dengan resolusi 5 MP, yang bisa pengguna gunakan untuk video conference atau Zoom Meet. Sedangkan bagian belakang tabletnya terpasang kamera beresolusi 13 MP.

Urusan harga, perangkat tablet dan laptop ini berbanderol EUR699 atau sekitar Rp 10,9 jutaan. Sedangkan jika membeli paket keyboard cover, maka banderol Xiaomi Book S 12,4 2-in-1 ini sebesar EUR799 atau kurang lebih Rp 12,4 jutaan. Sedangkan harga stylus Xiaomi SmartPen adalah Rp 1,5 jutaan. (R5/HR-Online/Editor-Adi)