4 Cara Mudah Mengatasi Tulisan Keyboard Berubah Sendiri

Hampir sebagian pengguna HP Android merasa direpotkan dan tidak diuntungkan dengan adanya tulisan pada keyboard berubah sendiri.

Perubahan tulisan ini disebabkan karena ada fitur yang namanya koreksi otomatis. Jadi, sistem keyboardnya akan mengira bahwa tulisan kamu itu salah.

Hal ini sangat menguntungkan banget saat kamu hendak menulis pesan secara cepat dan tidak bisa menghindari typo. Alhasil sistemnya akan bekerja otomatis mengoreksi tulisan yang salah itu.

Sementara itu, buat yang tak ingin tulisan keyboard berubah sendiri, mendingan ikuti langkah-langkah sederhana dari kami ini. Kebetulan kami juga rada males kalau tulisan sering berubah sendiri wkwk.

Cara Mengatasi Tulisan Keyboard Berubah Otomatis

Namanya juga koreksi otomatis, semisal mau mengetikkan kata “kuta” malah dikoreksi otomatis jadi “kota”.

Nah biar tidak begini, mendingan kamu matikan aja koreksi otomatisnya pakai cara berikut:

Langkah 1: Buka WA, Telegram atau apapun itu yang bisa menampilkan keyboard pada layar HP kamu.

Langkah 2: Pastikan pada tampilan keyboard kamu ada tombol atau ikon Pengaturan (Biasanya berbentuk Gerigi).

Catatan: Semisal tidak ada ikon Gerigi, kamu dapat masuk ke Pengaturan Setelan TambahanBahasa & Masukkan → Atur dan cari pengaturan koreksi otomatisnya.

Tambahan lagi, masing-masing merek HP tentu tampilan dan letaknya berbeda. Intinya cari aja pengaturan Keyboard.

Langkah 3: Masuk saja pada menu Koreksi Teks.

Ketuk Koreksi Teks

Langkah 4: Matikan fungsi Koreksi Otomatis dengan cara menekan tombol yang ada disampingnya hingga bergeser ke kiri dan berubah warna menjadi abu-abu.

Matikan Fungsi Koreksi Otomatis

Sampai disini sudah selesai kok pengaturannya. Tinggal kamu cek pas mau ngetik apakah tulisannya tiba-tiba berubah atau tidak. Seharusnya sih sudah tidak ada berubah sendiri.

Catatan: Perlu kamu ketahui juga, bahwa gambar dan cara di atas kami praktekkan menggunakan HP Oppo. Semisal kamu pakai HP merek lain, silakan sesuaikan saja.

Apakah Wajib Mematikan Koreksi Otomatis?

Wajib tidak wajib sih

Baca Juga :  √ Daftar Aplikasi Bikin Boros Baterai dan Cara Mengatasinya

Alasannya karena itu tadi, kalau kamu dirasa kurang nyaman dengan pengoreksi otomatis lantaran tulisan bisa berubah sendiri, mendingan dinonaktifkan saja fitur tersebut.

Akan tetapi, buat pengguna lain kemungkinan besar fitur ini justu malah berfungsi karena dapat membantu mengurangi typo (salah ketik) saat membalas chat.