5 Cara Mudah Mengatasi Touchwiz Depan Terhenti di Samsung

Touchwiz adalah salah satu launcher User Interface (UI) lama yang umumnya dipakai oleh HP Samsung. Karena merupakan launcher lama, tentunya Touchwiz dipakai di HP Samsung versi lama juga.

Seperti dari HP Samsung sistem operasi Lollipop (versi 5.0) sampai dengan Oreo (versi 8.0). Sedangkan untuk HP Samsung keluaran terbaru dengan sistem operasi di atasnya sudah mengganti launcher ke One UI.

Nah bagi yang masih menggunakan HP Samsung lama, mungkin pernah mengalami masalah notifikasi Touchwiz terhenti saat ingin menggunakan ponsel. Cara mengatasi masalah tersebut, akan kami ulas pada artikel ini.

Cara 1: Paksa Henti Touchwiz Home

Cara awalnya, kamu harus memberhentikan aplikasi Touchwiz Home terlebih dulu. Karena merupakan launcher UI, tentunya aplikasi Touchwiz ini secara default akan aktif di latar belakang HP.

Oleh sebab itu, kamu harus memakai fitur Paksa Berhenti untuk menghentikan launcher tersebut. Berikut cara untuk menggunakan fitur Paksa Berhenti untuk aplikasi Touchwiz Home:

Step 1: Buka Pengaturan HP Samsung lebih dulu.

Step 2: Pilih pengaturan Aplikasi.

Step 3: Cari aplikasi Touchwiz Home.

Step 4: Pilih menu Paksa Berhenti.

Step 5: Tekan OK untuk mengkonfirmasi pemakaian fitur Paksa Berhenti di aplikasi Touchwiz Home.

Cara 2: Restart Dulu HP Kamu

Kalau masih muncul notifikasi Touchwiz, kamu bisa coba melakukan restart HP. Tujuannya, supaya sistem di HP kamu disegarkan kembali. Mulai dari fitur hingga aplikasi-aplikasi bawaannya.

Setelah melakukan restart HP, kamu bisa tunggu 3-5 menit. Kemudian coba hidupkan kembali dan pastikan notifikasi Touchwiz terhenti sudah tidak muncul lagi.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Komentar di Story Instagram Agar Orang Lain Tidak Ricuh

Baca Juga: Cara Menghapus File Lainnya di Samsung

Cara 3: Pasang Launcher Lain

Cara alternatif, kamu bisa menggunakan launcher lain yang bisa di download secara gratis di Google Playstore.

Karena dengan memakai launcher lain, nantinya sistem HP Samsung kamu akan disable Touchwiz secara otomatis. Dengan demikian, notifikasi error di Touchwiz tidak akan terbaca sistem dan muncul lagi di HP kamu.

Beberapa launcher yang kami rekomendasikan untuk dipasang di HP Samsung, seperti:

  • Microsoft Launcher
  • Peluncur Ios 16
  • Niagara Launcher
  • Nova Launcher
  • AIO Launcher

Cara 4: Matikan Motion dan Gesture

Kemudian kamu bisa coba mematikan pengaturan Motion and Gesture. Menurut beberapa informasi dari Samsung Community, fitur ini menjadi salah satu penyebab munculnya notifikasi Touchwiz terhenti di HP Samsung.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk kamu coba men-disable fitur tersebut lebih dulu. Langkah-langkah untuk mematikan fitur Motion and Gesture, bisa kamu lihat di bawah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan HP Samsung lebih dulu.

Langkah 2: Selanjutnya pilih opsi Gerakan dan Gesture.

Pilih Pengaturan Motion and Gesture Samsung

Langkah 3: Silahkan matikan semua fitur Gerakan dan Gesture dengan menggeser toogle ke kiri.

Matikan Motion and Gesture Samsung

Cara 5: Servis HP Kamu

Servis HP

Kalau semua cara sudah dicoba tapi masih muncul notifikasi Touchwiz terhenti, kamu bisa coba servis HP ke Samsung Center.

Kamu bisa jelaskan secara detail terkait masalah notifikasi Touchwiz terhenti yang sering muncul ini. Biasanya dari pihak Samsung Center, akan menyarankan kamu untuk melakukan reset HP atau flash.

Supaya semua sistem default di HP Samsung kamu bisa berfungsi normal kembali. Karena akan dilakukan reset, sebaiknya kamu harus melakukan backup data lebih dulu. Supaya data penting di HP tersebut tidak hilang.

Baca Juga :  √ 5 Cara Mengatasi WhatsApp Tiba

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah Touchwiz terhenti yang sering terjadi di HP Samsung lama. Masalah ini disebabkan karena ada kerusakan sistem di aplikasi tersebut.

Kalau ada yang ingin bertanya, boleh kirim ke kolom komentar supaya kami bisa bantu jawab. Selamat mencoba.