5 Cara Mudah Mengatasi Video TikTok Tidak Mau FYP Lagi

Jika kamu membaca artikel ini, itu artinya saat ini kamu sedang mencari solusi untuk mengatasi video TikTok yang tidak mau FYP lagi.

Masalah tersebut memang kerap terjadi, meskipun kamu sudah mengunggah konten di jam FYP TikTok tertentu.

Mengingat hal ini, disini kami berniat untuk membagikan pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi TikTok tidak mau masuk FYP lagi. Silahkan disimak ya!

Penyebab Video TikTok Tidak Lagi Masuk FYP

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa sekarang setiap upload video ke TikTok sudah tidak pernah masuk ke FYP lagi? Padahal dulu sering masuk ke FYP.

Hal tersebut memang sangat mungkin terjadi, dan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Algoritma yang berubah
  2. Trend di TikTok berubah
  3. Banyak video serupa yang lebih menarik
  4. Akun sudah lama off

Setelah kamu mengetahui apa penyebabnya, langsung saja cobain beberapa solusi di bawah ini ya.

Cara Mengatasi TikTok Tidak Mau FYP Lagi

Metode 1: Wajib Kenal Algoritma TikTok

Sebelum menuju langkah-langkahnya, kamu harus mengenali terlebih dahulu algoritma yang diterapkan oleh TikTok.

Algoritma sendiri adalah sebuah urutan langkah logis yang bertujuan agar bisa menyelesaikan sebuah masalah. Atau dalam bahasa yang lebih sederhana algoritma yaitu sistem yang akan secara otomatis bekerja untuk memecahkan masalah.

Sementara dalam media sosial seperti TikTok, Algoritma digunakan untuk menyaring video-video yang kemudian akan ditampilkan di FYP.

Baca Juga :  √ Cara Menampilkan Subtitle di Laptop Gom Player Otomatis

Jadi kamu harus benar-benar mengenali algoritma dari TikTok. Apalagi, algoritmanya ini pasti akan selalu berubah-ubah menyesuaikan dengan pengguna.

Sebagai acuan, berikut beberapa faktor yang digunakan pada algoritma TikTok:

  • Tema video sesuai dengan tren atau tidak
  • Hashtag
  • Interaksi pada video
  • Caption
  • Lagu yang digunakan
  • Kualitas video

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa hashtag adalah salah satu faktor algoritma pada TikTok, jadi kamu harus benar-benar memanfaatkan hashtag.

Jadi, sebelum membuat atau mengunggah video, kamu bisa terlebih dahulu melakukan riset hashtag yang sedang trending saat ini.

Riset hashtag pada TikTok bisa kamu lakukan melalui menu Temukan. Disana akan muncul kategori video berdasarkan hashtag yang sedang tren atau viral pada saat ini.

Setelah itu, kamu bisa menentukan hashtag yang ingin kamu gunakan. Tapi ingat! Pilih hashtag yang sesuai dengan video kamu.

Baca Juga: Cara Mengganti Tanggal Lahir di TikTok dengan Mudah

Metode 3: Coba Mengikuti Trend Sekarang

Hashtag Trending Tiktok

Solusi berikutnya untuk mengatasi akun TikTok tidak mau FYP lagi yaitu dengan mencoba mengikuti trend yang sedang terjadi.

Contohnya, jika saat ini sedang trend video-video joget dengan lagu dan filter tertentu, kamu bisa mencoba membuat konten yang serupa.

Ini terbukti sangat ampuh untuk memancing video kamu bisa masuk ke FYP lagi.

Metode 4: Membuat Konten Anti-Mainstream

Membuat Konten Anti-Mainstream

Meski mengikuti trend adalah salah satu cara yang paling mudah untuk masuk ke FYP lagi, tapi pernahkah kamu berpikir untuk menjadi pelopor konten yang viral di TikTok?

Cara ini mungkin bisa kamu coba, gimana tuh? Kamu bisa membuat konten video yang anti-mainstream atau masih jarang ditemukan pada platform TikTok.

Baca Juga :  3 Cara Blokir Kontak WhatsApp Tanpa Diketahui Pemiliknya

Andai video yang kamu buat tersebut menarik, bukan tidak mungkin akan muncul trend baru kemudian menginspirasi kreator lain buat bikin video yang serupa denganmu.

Metode 5: Bikin Video yang Bikin Penasaran

Bikin Video yang Bikin Penasaran

Teknik lain untuk mengatasi video TikTok tidak bisa masuk ke FYP lagi yakni dengan mengupload konten video yang bikin penasaran.

Karena pada dasarnya, manusia memiliki sifat ingin tahu atau memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi.

Bahkan, semakin tinggi rasa penasaran yang muncul, maka akan semakin tinggi juga niat untuk mencari tau dan memenuhi hasrat ingin tau tersebut.

Maka dari itu, sifat tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu modal untuk menarik perhatian para pengguna TikTok dengan konten yang kamu buat.

Ada tips khusus nih dari TheLastSurvivors:

  1. Buat konten video menjadi beberapa part (bagian), misalkan 2 part.
  2. Part 1, berisi video yang membuat orang jadi penasaran.
  3. Part 2, buat video untuk menjawab rasa penasaran tersebut.

Gambaran atau contohnya seperti ini:

Anggap saja kamu adalah seorang videographer profesional. Di video pertama, kamu bisa memperlihatkan proses syuting dan editing dari video yang sedang kamu kerjakan. Kemudian pada video yang kedua, kamu bisa menampilkan hasilnya.

Jadi itulah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi TikTok tidak mau FYP lagi. Semoga tips di atas bisa membantu kamu ya.