7 Cara Mengatasi LinkAja Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

Ada berbagai macam aplikasi e-wallet yang dapat kamu pakai saat ini. Salah satunya yaitu aplikasi LinkAja yang dikembangkan oleh Fintek Karya Nusantara.

Aplikasi LinkAja ini memiliki banyak fitur. Mulai dari tersedianya pembayaran pulsa elektronik, listrik, air dan sebagainya. Tapi sayangnya, banyak orang yang mengeluhkan karena terkadang aplikasi LinkAja tidak bisa dibuka.

Kalau ingin tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasi LinkAja tidak bisa dibuka, kamu bisa perhatikan pembahasan kami di sini.

Penyebab Tidak Bisa Membuka LinkAja

Umumnya, masalah LinkAja tidak bisa dibuka ini menampilkan tampilan yang stuck di logo dari aplikasi tersebut. Kalau logo LinkAja lama muncul di HP kamu, tandanya ada masalah dari aplikasi atau perangkat yang dipakai.

Munculnya masalah ini tentunya tidak mungkin tanpa penyebab. Nah beberapa penyebabnya, akan kami jelaskan berikut ini:

  • Koneksi internet kamu sedang kurang baik
  • Kamu menggunakan LinkAja versi lama
  • Cache aplikasi LinkAja sudah menumpuk
  • Server LinkAja sedang down
  • Terjadi error atau bug di HP kamu

Begini Cara Mengatasi LinkAja Tidak Bisa Dibuka & Not Found

Kamu bisa coba beberapa cara yang akan kami bahas di bawah ini:

  1. Pindah Jaringan Stabil
  2. Update LinkAja
  3. Bersihkan Cache
  4. Periksa Downtime Servernya
  5. Force Close
  6. Restart HP
  7. Pakai Perangkat Lain

Metode 1: Pindah Jaringan yang Stabil

Supaya bisa membuka aplikasi LinkAja, HP kamu harus terkoneksi ke jaringan internet yang stabil. Karena kalau tidak, tentunya membuat aplikasi LinkAja tidak bisa mengirimkan tampilan homepage ke HP kamu.

Baca Juga :  7 Cara Mudah Mengatasi Instagram Tidak bisa Tag Teman

Misalnya kamu sebelumnya memakai data seluler, bisa coba ganti ke WiFi. Begitupun juga sebaliknya, kalau kamu pakai WiFi sebelumnya, bisa ganti ke data seluler.

Metode 2: Perbarui Aplikasi LinkAja

Update LinkAja

Kalau jaringan internet tidak bermasalah, kamu bisa coba cek di Playstore. Apakah aplikasi LinkAja sudah merilis versi terbaru atau belum.

Misalnya sudah ada versi terbaru, kamu bisa melakukan Update lebih dulu. Sehingga masalah seperti LinkAja tidak bisa dibuka atau error lainnya bisa diperbaiki lewat pembaruan ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi LINE Today Tidak Bisa Dibuka

Metode 3: Coba Bersihkan Cache Aplikasinya

Sedangkan kalau tidak ada versi terbaru, kamu bisa mencoba untuk menghapus cache-nya. Cache yang menumpuk, umumnya akan membuat aplikasi tidak bisa berfungsi secara normal.

Lalu untuk langkah-langkah membersihkan cache LinkAja, bisa kamu lihat di bawah ini:

Langkah 1: Buka Pengaturan Android milikmu.

Langkah 2: Pilih menu Aplikasi.

Buka Pengaturan Aplikasi

Langkah 3: Temukan aplikasi LinkAja.

Pilih Aplikasi LinkAja

Langkah 4: Tap pada menu Penyimpanan.

Buka Menu Penyimpanan LinkAja

Langkah 5: Pilih menu Hapus Memori untuk aplikasi LinkAja.

Pilih Hapus Memori LinkAja

Panduan ini kami buat di HP Samsung Galaxy A52. Kalau kamu pakai HP merek lainnya, bisa menyesuaikan caranya sendiri.

Metode 4: Periksa Downtime Server LinkAja

Periksa Downtime Server LinkAja

Sama seperti aplikasi pada umumnya, LinkAja juga memiliki waktu downtime tersendiri. Biasanya waktu downtime ini terjadi ketika ada masalah di aplikasi tersebut hingga sedang melakukan maintenance.

Ciri server LinkAja sedang downtime, biasanya akan muncul notifikasi atau ada informasi lewat sosial media resmi dari aplikasi tersebut.

Lalu untuk cara mengatasi masalah ini, kamu hanya harus menunggu saja sampai downtime server LinkAja selesai.

Metode 5: Lakukan Stop Paksa Aplikasinya

Di Android, ada yang namanya fitur stop paksa. Fitur ini bertujuan untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan atau stuck secara paksa.

Baca Juga :  Template Free Takis High CTR SEO Friendly dan Responsive

Biasanya setelah ditutup paksa, aplikasi yang bermasalah bisa digunakan dengan normal kembali. Langkah-langkah untuk stop paksa aplikasi LinkAja, seperti berikut:

Langkah #1: Buka Pengaturan di HP kamu.

Langkah #2: Pilih menu Aplikasi.

Buka Pengaturan Aplikasi

Langkah #3: Cari dan ketuk pada aplikasi LinkAja.

Pilih Aplikasi LinkAja

Langkah #4: Lalu ketuk menu Paksa Berhenti.

Paksa Berhenti Aplikasi LinkAja

Setelah LinkAja berhasil dihentikan secara paksa, kamu tunggu beberapa saat. Kemudian coba buka aplikasi LinkAja kembali.

Metode 6: Muat Ulang HP

Muat Ulang Hp Kamu

Apabila sudah melakukan beberapa cara di atas, tapi LinkAja masih tidak bisa dibuka. Mungkin masalahnya ada di HP kamu, sehingga butuh di refresh ulang.

Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan mulai ulang HP atau restart. Setelah di restart, semua sistem di HP akan disegarkan kembali dan masalah yang sebelumnya muncul bisa teratasi secara otomatis.

Metode 7: Pakai Perangkat Lain

Metode terakhir ini bisa kamu pakai untuk cara opsional. Karena mungkin saja aplikasi LinkAja yang terpasang di HP kamu ada file corrupt atau tidak didukung di perangkat tersebut.

Solusinya, kamu bisa coba install aplikasi LinkAja di perangkat lain. Kemudian login ke akun LinkAja yang dimiliki pada perangkat lain tersebut sementara waktu.

Apabila di perangkat lain bisa berjalan tapi di HP utama kamu tidak bisa, tandanya aplikasi tersebut tidak didukung di HP tersebut.

Jadi itulah cara untuk mengatasi LinkAja tidak bisa dibuka. Silahkan kamu coba salah satu atau beberapa cara yang sudah kami bahas di atas. Selamat mencoba!