Cara Mengetahui WiFi Dibobol Orang, Mudah Kok

Cara mengetahui WiFi kita dibobol orang lain tidak sulit kok. Seperti kita ketahui, bahwa saat ini sangat mudah mendapatkan WiFi. Mulai dari yang berbayar dan bisa kamu dapatkan secara gratis di kafe atau kedai kopi lain yang sudah disediakan jaringan WiFi.

Dengan kelebihan WiFi, maka pengguna smartphone maupun pengguna laptop/PC pun semakin meningkat. Pasalnya, dengan koneksi WiFi untuk tetap terkoneksi dengan internet, maka bisa menyelesaikan tugas dengan cepat.

Namun masalahnya, meski kita sudah memproteksi WiFi dengan password akan tetapi masih ada orang yang bisa membobol jaringan tersebut.

Cara Mengetahui WiFi Dibobol Orang

Untuk mengatasi pencurian kuota WiFi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Selain itu, cara tersebut juga bisa mengetahui orang yang membobol WiFi kita.

Langkah-Langkah untuk Mengetahui Pencuri WiFi

Langkah pertama adalah login ke router WiFi Anda dengan mengetik 192.168.0.1 di browser apa saja, baik Google Chrome maupun browser lainnya.

Sekarang jika sudah masuk ke panel router, Anda bisa melihat opsi Connected Devices atau Attached Devices.

Kemudian, Anda dapat melihat alamat IP yang pencuri gunakan untuk meretas jaringan WiFi. Setelah itu, Anda dapat memblokir pengguna, atau cara lain mengatasi WiFi kita dibobol orang adalah dengan mengubah kata sandi WiFi.

Baca Juga : WiFi Tidak Terdeteksi di iPhone, Cari Penyebab Sebelum Solusinya

Selain memperlambat Internet, insiden penggunaan akses WiFi tanpa izin ini bisa mencuri bandwidth atau akses nirkabel ke perangkat yang terhubung dengan WiFi.

Mereka dapat melakukan seperti mengambil data atau menanam virus di komputer dan ponsel yang terhubung ke WiFi.

Baca Juga :  Cara Membuat Lokasi Baru Di Instagram dengan Mudah

Kita bisa menghindarinya, dengan beberapa cara, yaitu dengan memblokir pengguna atau perangkat WiFi lainnya.

Periksa Kondisi Aktivitas WiFi

Jika sudah mengetahui WiFi kita dibobol orang, maka cara termudah adalah memutuskan sambungan dari semua perangkat di rumah, lalu periksa lampu indikator di router Anda.

Jika masih berkedip, berarti seseorang yang tidak Anda kenal sedang menggunakan WiFi Anda.

Cara lain, adalah dengan memeriksa DHCP atau Dynamic Host Client Protocol. Ini adalah daftar berbagai perangkat yang telah terhubung ke router.

Memeriksa alamat MAC (media access control) ini merupakan bagian dari indikator bahwa perangkat telah terhubung ke jaringan WiFi router Anda.

Sehingga, dengan alamat IP dan daftar MAC, juga lengkap dengan SSID atau Service Set Identifier yang mengidentifikasi jaringan nirkabel, Anda akan lebih mudah menemukan identitas pencuri WiFi.

Setel Perangkat yang Dapat Terhubung dengan WiFi

Cara mengetahui WiFi dibobol, Anda juga dapat mengatur daftar putih atau daftar perangkat yang diizinkan untuk mengakses jaringan WiFi melalui alamat MAC.

Baca Juga : Cara Nembak WiFi dengan Android Ampuh Meski Jarak Cukup Jauh

Sebelumnya, kita sudah mengetahui bahwa MAC address merupakan identitas dari perangkat yang telah terhubung dengan WiFi Anda.

Maka, dengan memfilter MAC address dari perangkat, Anda akan dapat mencantumkan perangkat mana saja yang dapat menggunakan jaringan WiFi.

Bentuk MAC address ini adalah deretan angka dan huruf yang memiliki format seperti ini. Langkah-langkah untuk memfilter alamat MAC adalah:

  • Login admin router melalui browser
  • Pilih opsi Keamanan
  • Aktifkan Penyaringan MAC Aktifkan
  • Pilih Daftar Hitam lalu Tambah Perangkat
  • Masukkan alamat MAC yang tidak Anda kenal
  • Pilih 0 dan 0 di kolom Waktu Mulai, serta 24 dan 0 di kolom Waktu Akhir
  • Klik Nonaktifkan
  • Kemudian klik OK, Simpan atau Terapkan
Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Camera RAW di Photoshop CS & CC

Dengan pembahasan di atas, bukan hanya cara mengetahui WiFi kita dibobol orang. Namun juga bisa memblokir perangkat yang terhubung ke WiFi kita.

Selain itu juga, setelah memblokir pencuri akses internet lewat WiFi, maka Anda bisa mendapatkan koneksi Internet yang cepat dan stabil.

Demikianlah artikel tentang cara mengetahui WiFi dibobol orang, semoga bermanfaat. (R5/HR-Online/Editor-Adi)