Inilah 5 Cara Ganti Kategori di TikTok (100% Mudah)

Kalau kamu bermain TikTok, pastinya pernah menemukan banyak jenis konten. Mulai dari konten dengan tutorial, teknologi, hiburan, perjalanan (vloging) dan masih banyak yang lainnya.

Nah supaya sistem TikTok bisa menyajikan konten sesuai kesukaan penggunanya, maka kamu sebagai kreator harus memilih salah satu kategori.

Sebagai contoh kami gemar membahas tutorial dan teknologi. Maka kami bisa memilih kategori Blog Pribadi atau Perangkat Lunak & Aplikasi di TikTok.

Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah kategori yang sudah dipilih ini bisa diganti? Mungkin karena kamu ingin menyajikan konten lain atau hal lainnya. Jawabannya bisa, panduannya akan kami ulas di pembahasan berikut.

  1. Cara Mengganti Kategori di TikTok
  2. Kenapa Perlu Mengubah Ketagori?

Cara Mengganti Kategori di TikTok

Sekedar informasi tambahan dari kami. Kategori yang dibahas di sini itu dilihat dari sisi kreator, bukan pengguna TikTok. Karena kalau pengguna, konten yang ditampilkan berdasarkan pencarian dan video yang sering dilihatnya.

Kesimpulannya sih, supaya kreator TikTok bisa mengkategorikan sendiri konten yang akan dibuatnya. Kalau bosan ingin beralih ke konten lain juga bisa diganti kategorinya kok.

Langkah-langkah untuk mengganti kategori di TikTok bisa kamu ikuti seperti di bawah ini:

Langkah 1: Kamu bisa membuka aplikasi TikTok di versi paling terbaru lebih dulu.

Langkah 2: Selanjutnya langsung ketuk tab Profil lalu pilih tombol Edit Profil.

Langkah 3: Cari dan ketuk menu Kategori. Di sini, akun TikTok kami masih di setting pada kategori Perangkat Lunak & Aplikasi.

Pilih Menu Kategori TIkTok

Langkah 4: Lalu cari dan pilih Kategori baru sesuai keinginan kamu. Contohnya di sini kami akan ganti ke kategori Blog Pribadi.

Ganti Kategori Tiktok

Langkah 5: Setelah sudah menggantinya, kamu bisa langsung ketuk tombol Simpan untuk mengkonfirmasi penggantian kategori.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Instagram (Permanen & Sementara)

Fitur kategori ini hanya bisa kamu akses kalau akun tersebut sudah beralih ke Akun Bisnis. Kalau belum, maka fitur pemilihan kategori ini tidak akan muncul.

Oleh sebab itu, sebelumnya kami jelaskan kalau kategori yang kami maksud ini khusus untuk kreator. Karena kalau untuk pengguna TikTok yang biasanya hanya menonton konten saja, kategori video yang disajikan sudah diatur secara otomatis.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Daftar Following Di TikTok

Sebenarnya, Kenapa Perlu Mengganti Kategori TikTok?

Kategori ini sangat perlu diganti kalau kamu sebagai kreator mengganti jenis konten yang diposting ke akun TikTok tersebut.

Misalnya kalau sebelumnya kamu mengisi kategori Perangkat Lunak & Aplikasi. Tapi di konten terbaru ternyata diisi oleh video perjalanan atau pariwisata, maka hasilnya tidak akan sesuai.

Hal ini tentunya membuat konten video kamu menjadi sulit untuk mendapatkan FYP (For You Page) karena tidak sesuai kategori yang kamu pilih.

Oleh sebab itu, sebaiknya dalam satu akun kamu isi dengan satu kategori konten TikTok saja. Kalau kamu punya hobi lain dan ingin upload ke TikTok, disarankan membuat akun baru saja.

Mungkin sekian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara mengganti kategori TikTok. Kami membuka sesi pertanyaan yang bisa kamu kirimkan ke kolom komentar.

Selamat mencoba!